Kelebihan Pertalite Dibandikan Dengan Premium

Kelebihan Pertalite Dibandikan Dengan Premium - Bahan bakar baru dari Pertamina bernama Pertalite, sah sudah tersedia di 101 SPBU Pertamina yang merebak di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Ketika ini (27/7) Pertalite dijual seharga Rp 8.400, kira-kira apa juga yang jadi kelebihan dari bahan bakar bensin non-subsidi ini dibanding atas Premium?

Sebelum mendefinisikan kian jauh berhubungan kelebihannya, mari kita kupas sedikit mengenai Pertalite. Pertalite merupakan bahan bakar macam bensin (gasoline) yang mempunyai RON (Research Octane Number-red) 90. Pertalite diproduksi dari Nafta selanjutnya diproses dengan teknik HOMC (High Octane Mogas Component) selanjutnya diberikan beragam aditif. Dari segi nilai oktan, pemetakan Pertalite berada pada atas Premium (RON 88) dan di bawah Pertamax (RON 92). Dari segi harga, ketika ini Pertalite juga berada pada tengah kira-kira Premium dan Pertamax.

Dengan munculnya Pertalite, tersedia pilihan selain Pertamax bagi konsumen yang ingin "naik level" dari Premium RON 88. Lalu, apa saja yang menjadi kelebihan Pertalite dibanding Premium?

"Atas nilai oktan yang lebih tinggi dari Premium, Pertalite kian kukuh terhadap mesin kompresi tinggi, sehingga mampu meminimalkan resiko detonasi dampak penggunaan bahan bakar oktan rendah di mesin kompresi tinggi. Pertalite setara akan mesin yang memiliki rasio kompresi 9-10:1. Nilai perbandingan kompresi itu sebagian besar sudah digunakan mesin kendaraan pada Indonesia," ujar Tri Yuswidjajanto, dosen Teknik Mesin ITB.

Selain lebih tahan terhadap kompresi tinggi dibandingkan Premium, Pertalite juga sudah menggunakan aditif bernama Evosave hasil racikan BASF, perusahaan kimia asal Jerman.

"Dengan aditif Evosave, Pertalite mampu membikin proses pembakaran yang kian sempurna dibanding Premium. Selain itu, atas menggunakan Pertalite, mesin juga kian bertenaga dan disaat yang sama mampu menghasilkan jarak tempuh yang lebih jauh dari Premium," ujar Wianda Pusponegoro, vice president corporate communication PT Pertamina (Persero).

Konsumsi bahan bakar mobil yang menggunakan Pertalite pun sudah diuji oleh Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi ITB.  Tatkala Mitsubishi Mirage menggunakan Premium konsumsinya termuat 19 km/liter. Tatkala ketika memakai Pertalite konsumsi BBM-nya sebagai 22 km/liter alias lebih irit 3 km/liter.

Selain konsumsi bahan bakar, juga sudah diproses pengujian akselerasi pada kendaraan Mitsubishi Mirage yang mengomsumsi Pertalite.Mitsubishi Mirage  memakai Pertalite butuh waktu 14,5 detik dari 0-100 km/jam. Tatkala tatkala menggunakan Premium waktunya 12,5 detik. Sekadar kian cepat 2 detik.

Demikian informasi mengenai "Kelebihan Pertalite dibandingkan Dengan Premium" semoga bermanfaat. dan trima kasih telah mengunjungi www.dealermitsubishimakassar.com, silahkan memberikan saran dan tanggapan mengenai artikel kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan Pertalite Dibandikan Dengan Premium"

Post a Comment

Kendaraan Niaga

Passenger Car