Cara Merawat AC , Radiator dan Kipas Pada Mobil Mitsubishi

Cara Merawat AC , Radiator dan Kipas Pada Mobil Mitsubishi - Perbandingan parameter kompresi mesin yang kian tinggi pada mesin-mesin mo­dern menuntut kerja system pendinginan mesin yang optimal. Apalagi Mitsubishi atas teknologi SKYACTIV-nya memiliki rasio komparasi kompresi mesin hingga 13:1. Tak heran bilamana teknologi tersebut turut menuntut rancangan bodi yang mendukung mesin untuk tidak mudah mengalami overheat.
Cara Merawat AC , Radiator dan Kipas Pada Mobil Mitsubishi
AC

Dapat dibayangkan, bila beberapa komponen pada system pendinginan mesin gagal bekerja atau nggak bekerja dengan maksimal, tanda-tanda overheat pun akan mudah sekali timbul. Knocking menjadi salah satu tanda mesin sudah melewati suhu kerja optimalnya. Otomatis, konsumsi BBM pun kian boros lantaran supir perlu menginjak pedal gas lebih dalam dari umumnya ketika berakselerasi.

maka dari itu sistem pendinginan pada mobil sangatlah penting untuk diperhatikan beberapa komponen pendukungnya. sehingga kondisi mesin dapat terjaga dengan stabil dan tidak memakan ongkos banyak, maka dari itu perlu kita perhatikan komponen yang penting pada sistem pendingnin pada mobil?


Perhatikan volume Air Radiator
Tabung reservoir kini sebagai acuan untuk pemilik kendaraan mitsubishi mengetahui jumlah air radiator. Pastikan jumlahnya berada di antara batas Low dan High. Jangan membuka tutup radiator akan menghindari terjebaknya udara di system pendinginan mesin.

Pakai Air Radiator Yang benar
Radiator coolant wajib digunakan agar sistem pendinginan bisa bekerja optimal. Titik didih yang kian tinggi menjadi keunggulan radiator coolant dibandingkan air yang dari keran. Plus kandungan pelumas di dalamnya yang dapat menjaga kinerja waterpump.

Jaga kebersihan kondensor AC
Posisinya yang berada di garda terdepan dari komponen mesin membuat ia rentan dihinggapi kotoran jalan seperti kerikil dan debu. Lantaran posisinya yang berdampingan dengan radiator, bila kondensor AC kotor, maka aliran udara segar ke mesin akan terhambat. Alhasil, proses pelepasan panas pun menjadi terganggu. Bersihkan kondensor AC atas air bertekanan secara berkala, terutama sesudah melewatui genangan air atau di musim penghujan.

Teman-teman dapat melihat kondisi penutup air radiator karna ini berfungsi untuk mengatur katub aliran air yang akan ke reservoir. Ketika suhu mesin meningkat, maka air pada radiator akan berpindah ke tabung reservoir. Akan tetapi sebaliknya, saat mesin mulai dingin, air di tabung reservoir akan kembali lagi ke radiator.

Apabila karet dan per mulai cacat, maka guna tutup radiator akan terganggu. kondisi macam ini terlihat jika pada kondisi mesin yang tinggi tidak adanya perubahan air yang ada pada radiator.
Bila mesti diganti, pastikan tekanan di tutup radiator tetap sama dengan aslinya. Mobil standar rata-rata memakai tekanan 0,9 bar dan 1,1 bar. Hal ini bertujuan untuk tidak terjadi kebocoran bilamana tekanan pada sistem meningkat.

Perhatikan Kerja Kipas Elektrik
Apabila teman-teman perhatikan, mesin modern saat ini kerap memakai single electric fan. Berbeda dengan mobil era 90-an yang masih memisahkan kipas akan mesin dan AC. walaupun hanya mempunyai 1 kipas pendingin tapi kecepatannya diatur oleh sistem yaitu kapan dia berputar lambat dan kapan dia berputar kencang.
Kita harus memastikan bahwa kipas tersebut bekerja dengan normal. Jika kipas mulai lemah maka akan mempengaruhi kondisi panas mesin. utama jika teman-teman berada dalam perjalanan macet. sebaiknya Perbaiki atau ganti bilamana menemukan keadaan macam ini.
Cara Merawat AC , Radiator dan Kipas Pada Mobil Mitsubishi
Kipas Radiator Mitsubishi

Perhatikan Keadaan Belt
Pada umumnya skarang mesin modern menggunakan satu belt akan memutar komponen seperti kompresor AC dan waterpump. Pastikan kondisinya oke. Apabila sampai putus, otomatis sirkulasi air pada system pendingin mesin akan terhenti. Suara berdecit sebagai beberapa indikator keausan belt.

Hindari Mencabut Termostat
Banyak diantara mekanik yang menyarankan untuk mencabut termostat jika rusak.  Perlu teman2 ketahui bahwa fungsi dari pada termostat ini adalah untuk menjaga kestabilan suhu pada mesin. Suhu mesin terlalu rendah akan membikin konsumsi bahan bakar sebagai kian boros. Jadi, bilamana terdeteksi mengalami kerusakan, segera ganti.

Demikian artikel tentang Cara Merawat AC , Radiator dan Kipas Pada Mobil Mitsubishi , semoga bermanfaat bagi teman-teman pengunjung www.dealermitsubishimakassar.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat AC , Radiator dan Kipas Pada Mobil Mitsubishi "

Post a Comment

Kendaraan Niaga

Passenger Car